Kamis, Oktober 14, 2010

Keuskupan Maumere bangun perusahaan rumput laut

Jacob Herin, www.ucanews.com

3 Agustus 2010

Keuskupan Maumere di Flroes, Nusa Tenggara Timur, membangun sebuah pabrik pembuat tepung dari rumput laut baru-baru ini.

PT. Langit Laut Biru didirikan dengan tujuan untuk membantu menekan angka kemiskinan di keuskupan tersebut.

Menurut Pastor Paulus Bongu, direktur PT Langit Laut Biru, jumlah umat di Keuskupan Maumere tahun lalu mencapai 376.000 orang, dan 114.899 dari mereka tergolong miskin.

“Menurunkan angka kemiskinan di keuskupan ini tidak cukup hanya dengan memberikan program bimbingan. Kami harus mengambil langkah konkrit seperti membangun perusahaan,” kata Pastor Paulus kepada ucanews.com.

Sebulan sebelum pendirian peruahaan tersebut 6 Juli lalu, keuskupan telah membentuk lima kelompok petani rumput laut di paroki St. Yohanes Maria Vianney di Magepanda, yang akan bekerja untuk perusahaan tersebut. Seorang aktivis setempat menjadi pembimbing mereka.

“Kelompok-kelompok serupa juga dibentuk di 34 paroki lainnya di seluruh keuskupan,” tambah Pastor Paulus.

Benediktus Suhartono, manajer proyek PT Langit Laut Biru, mengatakan sebuah pulau dalam wilayah keuskupan dapat memproduksi enam ton rumput laut sebulan.

“Perusahaan ini membutuhkan dua ton setiap bulan. Masih sangat rendah, tapi akan ditingkatkan sehingga bisa mengakomodasi semua rumput laut yang dihasilkan,” katanya kepada ucanews.com.

Perusahaan tersebut rencananya akan diberkati oleh Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD pada 6 Agustus mendatang. Perusahaan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup umat setempat.

“Perusahaan ini membuka lapangan pekerjaan bagi warga, dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” tandas Pastor Paulus.

Selain mendirikan perusahaan, keuskupan Maumere juga bekerja sama dengan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) yang berada di Surakarta, Jawa Tengah, dalam membangun bengkel sepeda motor, yang akan mempekerjakan anak-anak muda setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar